Tips Berkendara Aman dan Nyaman dengan Genio


Tags: ,

Genio menjadi salah satu motor andalan baru Honda dan sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan banyak orang saat ini yang menginginkan motor yang mudah dikendarai dengan desain yang stylish dan sederhana. Harga yang murah dan terjangkau juga menjadi kelebihan tersendiri Genio.

 

Memiliki spesifikasi mesin, body, hingga teknologi yang cukup mumpuni membuat Genio dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Honda Beat. Astra Honda Motor (AHM) sendiri membekali Genio dengan beberapa teknologi yang up to date sehingga meningkatkan performa motor tersebut.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli Genio bisa memperhatikan beberapa hal ini agar nantinya tidak timbul pertanyaan.

 

Kelebihan Genio

 

  1. Desain Keren dan Minimalis

 

Salah satu hal yang menjadi keunggulan Genio yakni memiliki desain yang tampil beda dibandingkan dengan skuter matic lainnya. Meski kerap kali dianggap mirip dengan Scoopy, namun ada satu perbedaan mencolok antara keduanya yakni jenis lampu.

 

Genio memiliki jenis lampu LED datar sementara Scoopy dibekali dengan lampu LED berbentuk bulat meski keduanya sama-sama memiliki kombinasi terpisah antara lampu utama dengan sein.

 

  1. Fitur Mumpuni

 

Walaupun memiliki target pasar entry level atau pemula, namun untuk urusan fitur, Genio tidak kalah mumpuni. Genio dilengkapi fitur seperti panel meter yang dapat menunjukkan informasi kecepatan, kapasitas Bahan Bakar Minyak (BBM), serta tak ketinggalan Eco indicator yang dapat menjadi acuan untuk pengendara untuk lebih efisien.

INFO LAIN  Daftar Mobil Paling Irit Yang Sering Dipakai Untuk Armada Taxi

 

  1. Bagasi Lega dan Dilengkapi Port Charging

 

Bagasi Genio cukup luas karena mencapai 14 liter sehingga pengendara bisa menyimpan tas kecil hingga sarung tangan di dalamnya. Untuk tetap mendukung mobilitas pengendara, bagasi Genio juga dilengkapi dengan socket power outlet yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone atau ponsel dengan aman. Meski begitu, Anda tetap harus menyediakan konektor tambahan karena socket power outlet tersebut belum USB.

 

  1. Ada Pengaman Kunci

 

Pemilik Genio tidak perlu khawatir motor akan dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena Genio sudah dibekali dengan kelengkapan pengaman di bagian kuncinya plus tersedia pula tombol yang dapat digunakan untuk membuka bagasi. Di bagian bawah tempat kunci juga disediakan dua tempat penyimpanan barang yang cukup luas serta gantungan sehingga pengendara bisa menaruh benda milik mereka dengan aman dan nyaman.

INFO LAIN  Pemeriksaan Ban Secara Berkala

 

Kekurangan Genio

 

  1. Lampu Genio Masih Bohlam

 

Kondisi berbeda ditemui antara bagian lampu depan dan belakang Genio. Jika lampu depannya sudah LED, bagian lampu belakang Genio justru masih berupa bohlam. Hanya mengandalkan bohlam membuat tingkat visibilitas motor dari belakang kurang mendukung terutama saat kondisi hujan deras sehingga berisiko terjadi benturan dari belakang. Meski begitu, Anda bisa mengganti sendiri bagian bohlam belakang Genio Anda dengan lampu LED.

 

  1. Kurang Bertenaga?

 

Ada beberapa pengendara yang mengeluhkan jika tarikan motor Honda Genio kurang bertenaga atau loyo. Hal tersebut diperkirakan terjadi karena Honda Genio memiliki ukuran 47.0mm x 63.1mm dan menggunakan jenis mesin overstroke sehingga membuat motor kurang cocok untuk menghadapi kondisi jalanan perkotaan yang macet dan berkarakter stop and go.

 

Meski begitu, Anda bisa membawa Genio ke mekanik langganan yang sudah terpercaya dan ahli untuk melakukan bore up mesin motor.

 

Tips Berkendara dengan Genio

 

  1. Jangan Letakkan Jari di Tuas Rem

 

Salah satu hal yang seringkali dianggap sebagai teknik mengendarai motor yang salah yakni dengan meletakkan jari Anda di bagian tuas rem. Padahal saat mengendarai motor, Anda harus menggenggam gas dengan lima jari Anda. Beruntung Genio memiliki sistem pengereman CBS (Combi Brake System) yang menerapkan fungsi pengereman di dua roda sekaligus (depan dan belakang).

INFO LAIN  Cara Modifikasi Honda Sonic 150R

 

Jadi saat tuas rem kiri ditekan, roda belakang akan bekerja terlebih dahulu lalu beberapa detik barulah proses penghentian laju kendaraan akan bekerja di roda depan. Artinya, Genio tetap bisa memberikan stabilitas bagi pengendara.

 

  1. Posisi Tangan dan Berkendara

 

Di luar teknik, posisi berkendara juga penting terutama untuk perjalanan jauh. Posisi ideal tangan saat mengendarai motor Genio adalah siku harus menekuk sehingga tangan akan menjadi semacam rem atau suspensi tambahan untuk meredam berbagai kondisi jalan yang beragam. Bagian tubuh seperti bahu juga tidak akan cepat sakit saat berkendara.

 

Saat mengendarai Genio, pastikan tubuh Anda tegak dan kaki membentuk sudut supaya tetap rileks dan tidak keluar dari bagian motor, serta pandangan harus mengarah ke depan.