2 Tips Mengambil STNK di Motor Honda Tangerang


Setelah melakukan pembelian sepeda motor honda Tangerang, anda bisa langsung menuju ke proses selanjutnya yaitu mengambil STNK di Nambo Motor. Proses pengambilan yang mudah ini jangan sampai terlupa karena akan fatal akibatnya apabila anda tidak memiliki STNK kendaraan bermotor milik anda.

  1. Waktu Pembuatan STNK

Proses pembuatan STNK memakan waktu yang cukup lama, anda perlu menunggu hingga kurang lebih empat belas hari hingga sebulan untuk mendapat STNK. Hal ini karena berbeda daerah, berbeda juga waktu pengambilan STNK sepeda motor anda.

Bagi dealer motor honda di Tangerang, anda perlu menunggu kurang lebih empat belas hari untuk bisa mendapatkannya. Lalu, untuk anda yang berada di area Jakarta dan sekitarnya, anda perlu menunggu hingga satu bulan kerja. Proses ini bisa memakan waktu lama tergantung area di mana anda berada.

Karena proses pengambilan STNK bersamaan dengan pengambilan plat nomor sepeda motor anda, anda juga perlu menunggu proses dari samsat dan tidak hanya proses dari dealer sepeda motor Tangerang saja. Hal ini juga akan berpengaruh pada waktu yang anda perlukan untuk mendapatkan STNK tersebut.

INFO LAIN  Skutik Baru Honda Scoopy

Sepeda motor anda akan diantarkan lebih dahulu sebelum STNK dan plat motor anda. Segera setelah anda melengkapi dokumen yang diperlukan, anda yang memiliki KTP Jakarta atau Tangerang sudah bisa langsung mendapatkan sepeda motor anda.

Proses administrasi bagi tipe CBU seperti PCX, CRF250, SH150 dan Big Bike memakan waktu lebih lama dari empat belas hari karena tipe-tipe yang disebutkan di atas merupakan produk import. Hal ini berakibat dengan proses yang cenderung lebih lama dari tipe sepeda motor lainnya.

Apabila anda tidak mendapatkan STNK sesuai dengan waktu yang ditentukan, ada kemungkinan yang bisa terjadi. Kemungkinan pertama adalah data yang anda kumpulkan tidak lengkap. Selain itu, hal tersebut juga bisa diakibatkan karena fotokopi KTP yang diberikan tidak jelas.

Apabila KTP anda merupakan KTP di luar Jakarta atau Tangerang, anda tidak bisa melakukan proses pembelian sepeda motor. Lalu, seperti yang disebutkan sebelumnya, motor jenis CBU memang memakan waktu yang lebih lama dari tipe yang lain.

  1. Syarat dan Ketentuan Mengambil STNK
INFO LAIN  Spesifikasi Honda PCX 150

STNK yang sudah jadi bisa langsung anda ambil dengan dua cara yang berbeda. Kedua cara ini bisa anda lakukan sesuai preferensi anda. Apabila anda sedang sibuk, anda bisa melakukan perwakilan dengan orang lain dengan menggunakan syarat yang lebih banyak.

Jika anda sendiri yang merupakan pembeli sepeda motor hendak mengambil STNK secara langsung, anda hanya perlu menyiapkan dua dokumen. Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah fotokopi KTP milik anda. Bawa rangkap dua untuk berjaga-jaga. Setelah itu, anda juga perlu menyiapkan kwitansi atau faktur dari sepeda motor anda.

Apabila anda tidak bisa hadir secara langsung untuk mengambil STNK anda, anda bisa menggunakan bantuan orang lain. Persyaratan yang dibutuhkan jauh lebih banyak dibanding saat anda hadir sendiri ke dealer motor honda Tangerang.

Ada empat persyaratan yang perlu anda bawa. Empat dokumen tersebut harus lengkap agar proses pengambilan STNK tidak terhambat. Apabila ada satu saja persyaratan yang kurang, perwakilan yang anda utus tidak akan bisa mengambil STNK milik anda. Akan lebih baik apabila anda menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dari jauh-jauh hari.

INFO LAIN  Honda BeAT 2020 Terus Dipoles

Syarat pertama yang harus anda bawa adalah surat kuasa dari pembeli yang memiliki materai enam ribu rupiah. Surat ini harus anda buat jauh-jauh sebelum hari pengambilan agar tidak terlupa nantinya. Anda juga harus membawa fotokopi KTP milik pemberi kuasa.

Hal tersebut penting untuk memastikan bahwa anda bukan hendak melakukan penipuan dan mengambil STNK milik orang lain. Lalu, anda juga harus mengumpulkan STNK milik anda. Anda perlu membawa semua fotokopi dengan rangkap dua untuk berjaga-jaga.

Yang terakhir, anda perlu membawa kwitansi atau faktur milik pembeli sepeda motor. Pastikan syarat ini tidak tertinggal karena bukti ini juga merupakan hal penting untuk memastikan bahwa anda memang benar diutus oleh pemilik untuk mengambilkan STNK.